InternetTeknologi

Cara Menambahkan Host di Google Meet dengan Mudah

×

Cara Menambahkan Host di Google Meet dengan Mudah

Sebarkan artikel ini
Cara menambahkan host di Google Meet

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menambahkan host di Google Meet? Mungkin bagi para pemula atau baru akan menggunakannya dan belum tahu cara benar untuk menambahkan host pada Google Meet ini.

Google Meet menjadi cara terbaik untuk menyelenggarakan rapat tanpa saling bertemu secara langsung guna untuk mengurangi penyebaran virus corona. Baik pekerjaan atau pendidikan bsia Anda lakuakan sceracmudah bersama rekan lain hanya dengan menggunakan Google Meet ini.

Google Meet sendiri merupakan salah satu software atau aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk tetap produktif dalam bekerja maupun belajar meski harus dilakukan di rumah saja. Software ini sebuah aplikasi konferensi percakapan video online.

Google Meet merupakan versi dari Google Hangouts lainnya, dimana sebagai aplikasi dikhususkan untuk sinsi dari berbagai ukuran. Adanya Aplikasi ini memungkinkan penggunanya melakukan panggilan video bersama 30 pengguna lain setiap pertemuan. Makanya dengan bisa menjadi media alternatif dalam melakukan sosialisasi antar rekan kerja, siswa, guru, atau teman sekolah bahkan untuk rapat juga.

Cara Menambahkan Host di Google Meet dan Penggunaannya

Untuk cara menambahkan host di Google Meet ini cukuplah mudah bagi yang sudah terbiasa. Tapi, jika pengguna belum terbiasa kemungkinan akan mengalami kesulitan. Seperti telah dijelaskan diatas tadi, Google Meet ini memang sebuah aplikasi video conference bisa Anda gunakan melalui ponsel serta browser.

Sebelamuanya, Aplikasi ini mempunyai nama Hangouts. Fitur tanpa bayar alias gratis akan lebih baik dan menarik jika dibandingkan dengan Aplikasi serupa lainnya. Berikut cara menambahkan host atau penyelenggara pada Google Meet melalui perangkat Android.

  • Ketuk layar rapat
  • Lalu ketuk nama rapat dari sudut kiri atas
  • Temukan orang yang ingin Anda jadikan host melalui tab “People”
  • Kemudian ketuk tiga titik vertikal di sebelah nama mereka dan pilih “tambahkan sebagai co-host”.
  • Diatas merupakan cara menambahkan host melalui perangkat Android, untuk menambahkan host melalui PC juga sangat mudah lho. Ikuti saja langkahnya dibawah ini.
  • Ketika sedang rapat, klik ikon “Tampilkan semua orang” dari kanan bawah.
  • Cari orang ingin Anda jadikan tugas co-host dari daftar peserta.
  • Klik pada tiga titik vertikal di samping namanya
  • Pilih “Berikan kontrol host”
  • Jadi mereka akan melihat ikon kemana rapat terdapat pada bagian bawah layar mereka.

Namun agar pengguna bisa melakukan semua fitur penambah host tersebut, terlebih dahulu harus tahu bagaimana cara menggunakannya. Ikuti cara dan langkah benarnya disini.

  • Buka Google Meet melalui browser yang terdapat pada PC.
  • Login ke akun Google telah Anda miliki, pastikan jika Email dan password benar.
  • Pilih New Meeting untuk mulai konferensi video baru.
  • Masukkan kode atau link meeting untuk bisa bergabung dalam video konferensi, kemudian pilih Join
  • Lakukan pengaturan pada mikrofon dan kamera. Klik pengaturan di bawah layar konferensi video.

Ketahui Juga Keunggulannya Dari Cara Menambahkan Host Di Google Meet

Setelah mengetahui bagaimana cara menambahkan Host di Google Meet, giliran ketahui berbagai keunggulannya. Gmeet atau sering disebut dengan Google Meet merupakan Aplikasi video conference sekarang ini paling populer dunia dengan 100 lebih peserta pertemuan atau rapat setiap harinya.

Pastinya, karena aplikasi ini memiliki banyak keunggulan sangat membantu orang-orang dalam hal rapat atau belajar secara online. Berikut beberapa keunggulan dan kelebihan dari Google Meet.

Integrasi Akun Google

Google merupakan akun utama bagi pengguna Android, sedangkan Android sudah beroperasi di seluruh dunia mencapai 2,5 miliar. Pastinya integrasi akun Google akan membuat pengalaman user lebih meningkat dalam menggunakan ekosistem berbagai Aplikasi Android salah satunya Gmeet.

Integrasinya ini akan memudahkan para penggunanya dalam jadwalkan pertemuan atau meeting pada Google Calendar, kirimkan link undangan melalui Email, simpan rekaman pertemuan pada Google Drive, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Ringan

Sederhana atau simpelnya Google Meet akan memungkinkan dalam ukuran Aplikasi dan waktu muat web sangat optimal. Ukuran pada Android Aplikasi ini hanya 55.37 MB, sedangkan Aplikasi lainnya mencapai 100 MB lebih. Jadi dengan ukuran ringan ini akan membuat ponsel tidak akan cepat penuh penyimpanannya.

Akses Meeting Mudah

Gmeet memudahkan sekali bagi para pengguna dalam akses Aplikasinya, baik pada komputer atau Smartphone Android dan IOS. Terutama pada komputer, pengguna tidak perlu untuk mengunduh Aplikasi tambahan. Sehingga memudahkan dalam undang teman bergabung atau bagi pengguna bisa dalam bergabung rapat secara cepat.

Satu Klik Untuk Daftar

Penggunaan akun Google yang menjadi satu-satu cara login ke Gmeet akan memudahkan sekali pengguna dalam daftarkan diri dan mengikuti pertemuan atau meeting. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan Gmeet dalam waktu kurang dari satu menit, asalkan pengguna sudah punya akun pribadi Google.

Interaksi Langsung Dan Sederhana

Ketika pengguna masuk pada aplikasi dan halaman web Gmeet, akan melihat 2 menu yakni Rapat atau Bergabung ke Meeting. Menu ini akan memudahkan Anda untuk lbih mudah mengerti cara memakai Gmeet.

Kelebihan Google Meet Bagi Pembelajaran Online

Selain cara menambahkan host di Google Meet mudah sekali, ternyata Gmeet juga sangat berperan penting bagi pembelajaran online sekarang ini. Gmeet sekarang sudah banyak dikenal bagi para pebisnis dan para peserta didik dalam melakukan video conference secara online atau daring.

Namun selain itu, sebenarnya Google Meet juga bisa digunakan dalam membantu proses pembelajaran secara virtual dengan menghadirkan banyak kelebihan. Berikut kelebihan-kelebihan akan memuaskan para peserta didik dan guru.

Belajar Bisa Dimana Saja Dan Kapan Saja

Seperti telah diketahui, layanan utama dari Gmeet merupakan panggilan video. Melalui layanan ini proses belajar mengajar akan mudah dilakukan. Lantas karena Gmeet terhubung dengan internet dalam melakukan operasinya, maka waktu dan jarak tidak menjadi masalah utama. Meskipun guru dan pelajar tengah berada di berbagai tempat berbeda, tetap bisa melakukan aktivitas belajar secara virtual.

Menghadirkan Banyak Fitur Dalam Belajar

Kelebihan kedua yakni dapat membantu dalam melangsungkan sesi pembelajaran secara efektif dengan berbagai fitur pendukungnya. Salah satunya fitur Hand Raising untuk memungkinkan siswa dalam ‘angkat tangan’ secara virtual jika ingin menyampaikan sesuatu atau bertanya.

Bukan hanya itu saja, terdapat fitur papan tulis digital yang mana dapat digunakan apabila siswa ingin menulis datau menjelaskan hal tertentu. Jadi dengan begitu diskusi dalam kelas akan makin interaktif dan efektif.

Kemudahan Moderator Dalam Kontrol

Kelebihan lainnya adalah kemudahan moderator dalam kontrol. Selama berlangsung kelas online, Anda dapat sebagai moderator mempunyai hal untuk melakukan pin, mute, ataupun hapus peserta.

Untuk meminimalkan distraksi, sebagai moderator pun bisa mengaktifkan fitur chat dalam video dan lakukan block pada peserta tanpa diundang yang muncul dalam sesi kelas online.

Baca juga Cara Berlangganan Vidio di Indihome dengan Mudah

Cara menambahkan host di Google Meet diatas bisa Anda lakukan untuk melakukan aktivitas rapat atau belajar secara online dengan mudah dan cepat tanpa batas waktu. Selain dalam menambahkan penyelenggara, Gmeet juga memberikan banyak keunggulan dan kelebihan bagi penggunanya.