Lifestyle

Cara Membersihkan Kacamata Photocromic dari Berbagai Kotoran

×

Cara Membersihkan Kacamata Photocromic dari Berbagai Kotoran

Sebarkan artikel ini
Cara Membersihkan Kacamata Photocromic
unsplash.com

Banyakcara.id – Cara membersihkan kacamata photocromic berikut ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan cara membersihkan kacamata pada umumnya. Kacamata adalah salah satu aksesoris yang penting bagi sebagian orang. Fungsinya yaitu untuk melindungi mata serta membuat penggunanya bisa melihat dengan lebih jelas lagi.

Bagi pengguna kacamata ketika hendak beraktivitas di luar ruangan saat siang hari biasanya mereka akan membawa dua kacamata yaitu kacamata hitam atau sunglasses untuk melindungi mata dari sinar matahari, serta kacamata bening, minus, plus, atau lainnya yang sesuai dengan kebutuhannya sendiri.

Karena membawa beberapa kacamata tentunya membuat Anda akan semakin repot. Namun sebenarnya terdapat solusi yang bisa mengatasi kerepotan tersebut, yaitu dengan menggunakan kacamata photochromic. Kacamata tersebut merupakan kacamata yang memiliki lensa transisi yang sangat adaptif terhadap cahaya.

Beberapa Cara Membersihkan Kacamata Photocromic

Ketiga digunakan dalam ruangan, kacamata photocromic akan terlihat jernih. Sementara itu ketika digunakan di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung maka kacamata tersebut bisa berubah menjadi gelap. Namun kacamata ini cenderung fleksibel akan perubahan cuaca.

Misal saat kondisi mendung maka lensanya tidak akan berubah menjadi gelap sepenuhnya namun bisa memiliki tampilan yang lebih berwarna. Jika cuaca sedang cerah maka lensa akan berubah menjadi gelap untuk memaksimalkan perlindungan mata.

Dengan begitu pun maka tentunya kacamata ini akan sangat membantu Anda dalam melindungi mata dari sinar matahari sepanjang hari. Aksesoris satu ini juga memiliki fungsi utama untuk mencegah efek buruk paparan sinar ultraviolet yang bisa merusak bagian kornea dan konjungtiva mata, bahkan jika terus berkelanjutan bisa saja mengakibatnya masalah katarak dan kanker mata.

Selain itu, kacamata photocromic juga bisa memberikan berbagai manfaat seperti mampu melindungi mata dari paparan sinar UV berbahaya yang bisa merusak makula sensitif pada mata. Makula merupakan bagian yang mengontrol penglihatan sentral, seiring waktu kemampuan penglihatan tersebut bisa melemah karena dipengaruhi oleh berbagai hal seperti terpapar sinar UV, faktor usia, dan juga karena merokok.

Baca Juga: Cara Menggunakan Hoverboard untuk Pemula Agar Aman

Kacamata ini juga mampu memblokir lebih banyak cahaya biru daripada kacamata biasa dengan lensa yang bening. Sama seperti kacamata pada umumnya, jenis satu ini juga mampu mencegah mata silau saat di luar ruangan.

Akibatnya ketengangan pada mata juga bisa berkurang karena tidak perlu terus-terusan menyipitkan mata karena cahaya yang terang. Karena banyaknya manfaat dari kacamata photocromic tersebut, tentunya penting untuk selalu menjaga kebersihannya.

Hal tersebut agar kacamata tetap nyaman digunakan serta tidak mengganggu penglihatan karena kotor dengan debu, minyak dan kotoran lainnya. Tentunya Anda juga tidak akan suka jika menggunakan kacamata yang kotor.

Ada beberapa cara membersihkan kacamata photocromic yang bisa Anda terapkan. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Cuci Dengan Cairan Pembersih Kacamata

Cara pertama untuk membersihkan kacamata photocromic yaitu dengan membersihkannya menggunakan air. Namun pastikan Anda menggunakan air dingin, jangan gunakan air panas karena malah bisa merusak lapisan lensa.

Mencuci kacamata dengan aliran air ini akan membantu menghilangkan debu dan kotoran yang menempel agar tidak menggores permukaan lensa. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mencuci kacamata dengan air mengalir:

  • Pertama cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun. Pastikan tanganmu bersih dari kotoran, debu, minyak, lotion, dan apapun itu yang bisa berpindah ke lensa kacamata.
  • Setelah tangan bersih, selanjutnya Anda bisa menyiramnya dengan air yang mengalir hingga debu dan kotoran hilang dari lensa.
  • Cara membersihkan kacamata photocromic selanjutnya Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih kacamata ke atas kedua permukaan lensa secara merata.
  • Gosokkan cairan pembersih kacamata tersebut secara merata pada bagian lensa, penyangga hidung, bingkai atau frame dan juga bantalan belakang telinga agar kacamata bersih maksimal.
  • Setelah menggosok semua bagian kacamata hingga merata selanjutnya Anda bisa membilasnya menggunakan air bersih yang mengalir.
  • Jika sudah selanjutnya Anda mengeringkannya dengan menggosoknya menggunakan kain hingga kacamata benar-benar kering. Gunakan kain yang benar-benar halus dan lembut seperti kain microfiber untuk mencegah kaca tergores.

Cara membersihkan kacamata photocromic pun sudah selesai, Anda pun bisa menyimpannya ke dalam kotaknya. Namun jika keadaan lensa masih gelap maka biarkan terlebih dahulu hingga lensanya berubah menjadi jernih.

Jika Anda memasukkan kacamata ke dalam kotaknya saat warna lensanya masih gelap maka lensa akan meninggalkan warna gelap walaupun sudah digunakan dalam ruangan. Karena itu, penting untuk menunggu lensa jernih sebelum menyimpannya.

Cara Membersihkan Menggunakan Sabun Cuci Piring

Selain menggunakan cairan pembersih kacamata Anda juga bisa menggunakan bahkan lain yaitu sabun cuci piring. Cara ini tentu bisa Anda terapkan jika sedang tidak memiliki atau kehabisan cairan pembersih. Berikut adalah cara membersihkannya:

Baca Juga: Cara Pasang Nex Parabola Ku Band untuk Frekuensi Terbaik

  • Pertama cuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu untuk membebaskan tangan dari kotoran yang bisa menggores kacamata.
  • Kemudian basahi kacamata dengan menyiramnya di bawah air mengalir selama beberapa saat untuk menghilangkan debu dan kotoran.
  • Cara membersihkan kacamata photocromic selanjutnya¬† Anda bisa menuangkan 1 tetes kecil sabun cuci piring ke atas kedua lensa.
  • Lalu gosok perlahan lensa baik sisi dalam maupun luar. Jangan lupa untuk menggosok bagian lain seperti penyangga hidung dan gagangnya kacamata.
  • Setelah menggosoknya dengan merata selanjutnya Anda bisa membilasnya menggunakan air mengalir hingga kacamata terbebas dari busa dan sabun.
  • Jika sudah maka Anda bisa mengguncangkan kacamata dengan perlahan untuk mengurangi air. Kemudian Anda bisa mengeringkan kacamata menggunakan kain katun yang bersih dan lembut.

Itulah cara membersihkan kacamata photocromic yang bisa Anda terapkan. Ingat, untuk membersihkan kacamata secara rutin agar kebersihannya tetap terjaga.